SILATURAHIM & CIRI ORANG-ORANG TAQWA

SILATURAHIM & CIRI ORANG-ORANG TAQWA

Semoga dengan doa kita: Astaghfirullahal ‘adhim li wali walidayya wa lijami’il mu’minina wal mu’minat, wal muslimina wal muslimat, al ahyai minhum wal amwat, Orang tua, Orang Mu’min laki-laki dan perempuan, Orang muslim Laki-laki dan perempuan baik yang masih hidup dan yang sudah meninggal dunia dari para leluhur kita semua mendapat ampunan dari Allah SwT  di alam barzah. Amien lahumul fatehah…

A. Pembuka
Silaturahimm terdiri dari dua kata silat dan rahim, silat artinya menyambung dan rahim artinya kasih sayang.  Jadi silaturahim artinya menyambung kasih sayang. Menyambung hubungan antara  sesama manusia, baik yang masih hidup maupun yang sudah meninggal. Orang muslim tidak boleh memutus silaturahim, nasab dan tali persaudaraan.

B. Dalil Silaturahim
1. QS. An Nisa/4: 1 : Silaturahim
Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri, dan dari padanya Allah menciptakan isterinya; dan dari pada keduanya Allah memperkembangbiakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.

2. QS. Ali ‘Imran/3: 133-135: Ciri-ciri orang bertaqwa
133. dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa,
134. (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan mema’afkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.
135. dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau Menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah? dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui.

C. Manfaat silaturahim:
1. Saling memaafkan antara yang satu dengan yang lain
2. Saling mengisi dan melengkapi, saling mengokohkan, saling bantu membantu, saling menolong, saling gandeng dan gendong, dalam rangka tujuan Taqwa kepada Allah SwT, sehingga dengan silaturahim bisa menambah :
a. Ilmu pengetahuan dan pengalaman
b. Umurnya tambah bermanfaat
c. Rezqi semakin berkah
d. Menghilangkan permusuhan dan merekatkan persaudaraan
e. Diampuni dosa-dosa dan kesalahannya
3. Orang Islam jangan saling
a. Jangan mengolok-olok kaum lain
b. Jangan mencela diri sendiri
c. Jangan memanggil dengan panggilan yang buruk
d. Jangan berprasangka buruk/ su’udzon
e. Jangan mencari kesalahan-kesalahan orang lain
f. Jangan menggunjing orang lain

D. Penutup
Silaturahim hendaknya tidak hanya untuk orang yang masih hidup, akan tetapi juga kepada ahli qubur, terutama orang tua kita yang sudah meninggal dunia, karena dari mereka darah dan daging kita berasal, dan dari para leluhur mereka diatasnya sampai kepada Nabi Adam AS dan Sayidah Hawa ‘Alaihas salam. dan dengan silaturahim semoga kita saling tumbuh kasih sayang antara sesama dan semua makhluk Allah SwT dan semoga kita menjadi orang-orang yang Taqwa serta bisa mengembalikan kita kepada fitroh. Amien Yaa Mujibas Saailiin
Wallahu a’lam bish-showab


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *